EXCEL MACRO MICROSOFT WORD - LAPORAN AKHIR LABORATORIUM SISTEM INFORMASI MANAJEMEN


LAPORAN AKHIR
MICROSOFT WORD


Nama         : Fitrah Nur Islamiah
Kelas : 1EA19
NPM : 12217403
Kelompok : 2
Tanggal           : 20 Maret 2018
Materi          : Excel Makro
Ketua Asisten  : Fitri
Asisten Baris    : Deby

Paraf Asisten


LABORATORIUM SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
ATA 2017/2018



Langkah-Langkah membuat Kodingan Nama, NPM, Kelas:

Pertama-tama buka dahulu aplikasi Microsoft Excel.

Tulis NAMA di kolom A baris 1, NPM di kolom B baris 1 dan KELAS di kolom C baris 1.

Pilih menu Developer, lalu pilih Insert.

Setelah itu, pilih menu Visual Basic yang terdapat di Developer.

Klik kanan kepada Sheet yang belum dipakai dan pilih Useform pada Insert.

Ketik NAMA, NPM, KELAS menggunakan Controls Label, disampingnya  buat persegi  panjang menggunakan Controls TextBox dan buat tulisan OK menggunakan CommandButton melalui Toolbox yang terdapat disamping UserForm1.

Selanjutnya, klik dua kali di kotak OK, maka akan muncul tampilan Book1 – UserForm1 (Code) yang digunakan untuk menuliskan codingan.

Tulislah codingan seperti ini:
Range (“a2”) artinya kolom A baris 2
Range (“b2”) artinya kolom B baris 2
Range (“c2”) artinya kolom C baris 2
Setelah itu, klik Run untuk langkah selanjutnya.

Kembali  ke Book1 – Excel. Maka, akan terlihat tampilan  seperti berikut yang langsung diisi sesuai data yang dibutuhkan.

Jika sudah, klik OK. Maka, data di Book1 – Excel akan langsung terisi sesuai yang telah diisi sebelumnya.

Seperti yang telah ditulis dan jelaskan pada codingan sebelumnya, maka:
FITRAH berada di range (“a2”)
12217403 berada di range (“b2”)
1EA19 berada di range (“c2”)

Langkah-Langkah membuat Kodingan Jenis Kelamin
Tulis JENIS KELAMIN di kolom D baris 1.

Ketik JENIS KELAMIN menggunakan Controls Label, disampingnya  buat dua persegi  panjang, buat tulisan LAKI-LAKI / PEREMPUAN untuk pilihannya menggunakan Controls OptionButton, buat tulisan OK menggunakan Controls CommandButton melalui Toolbox yang terdapat disamping UserForm1.

Selanjutnya, klik dua kali di kotak OK, maka akan muncul tampilan Book1 – UserForm1 (Code) yang digunakan untuk menuliskan codingan.
Tulislah codingan seperti ini:

Range(“d2”).Value = OptionButton1.Caption artinya kolom D baris 2 untuk pilihan Jenis Kelamin Laki-Laki.
Range(“d2”) .Value = OptionButton1.Caption artinya kolom D baris 2 untuk pilihan Jenis Kelamin Perempuan.

Setelah itu, klik Run untuk langkah selanjutnya.

Kembali  ke Book1 – Excel. Maka, akan terlihat tampilan  seperti berikut yang langsung dipilih sesuai data yang diinginkan dengan mengklik option yang ada.

Jika sudah, klik OK. Maka, data di Book1 – Excel akan langsung terisi sesuai yang telah diisi sebelumnya.

Seperti yang telah ditulis dan jelaskan pada codingan sebelumnya, maka:
JENIS KELAMIN berada di range (“d2”) dengan pilihan option PEREMPUAN.

Langkah-Langkah membuat Kodingan UTS, UAS
Tulis UTS di kolom E baris 1, UAS di kolom F baris 1.

Ketik UTS, UAS menggunakan Controls Label, disampingnya  buat persegi  panjang menggunakan Controls TextBox dan buat tulisan OK menggunakan CommandButton melalui Toolbox yang terdapat disamping UserForm1.

Selanjutnya, klik dua kali di kotak OK, maka akan muncul tampilan Book1 – UserForm1 (Code) yang digunakan untuk menuliskan codingan.

Tulislah codingan seperti ini:
UTS = TextBox4.Text artinya Nilai UTS diisi pada TextBox ke-4 di Range (“e2”).
UAS = TextBox5.Text artinya Nilai UAS diisi pada TextBox ke-5 di Range (“f2”).
NIL = (UTS * 0.7) + (UAS * O.3) artinya Nilai Rata-rata dari 70% Nilai UTS, ditambah 30% Nilai UAS di Range (“g2”).

Nilai Rata-rata > 90 = A di Range (“h2”)
Nilai Rata-rata > 80 = B di Range (“h2”)
Nilai Rata-rata > 70 = C di Range (“h2”)
Nilai Rata-rata < 70 = D di Range (“h2”)
Range (“e2”) artinya kolom E baris 2
Range (“f2”) artinya kolom F baris 2
Range (“g2”) artinya kolom G baris 2
Range (“h2”) artinya kolom H baris 2
Setelah itu, klik Run untuk langkah selanjutnya.

Kembali  ke Book1 – Excel. Maka, akan terlihat tampilan  seperti berikut yang langsung diisi sesuai data yang dibutuhkan.

Jika sudah, klik OK. Maka, data di Book1 – Excel akan langsung terisi sesuai yang telah diisi sebelumnya.

Seperti yang telah ditulis dan jelaskan pada codingan sebelumnya, maka:
90 berada di range (“e2”)
90 berada di range (“f2”)
90 berada di range (“g2”)
B berada di range (“h2”)

Komentar