Microsoft Excel Pengertian, Sejarah, Versi dan bagiannya.

      1.      Jelaskan tentang Microsoft Excel!

Microsoft Excel adalah sebuah program atau aplikasi yang merupakan bagian dari paket installasi Microsoft Office, berfungsi untuk mengolah angka, menghitung, memproyeksikan menganalisa dan mempresentasikan data menggunakan spreadsheet yang terdiri dari worksheet.

      2.      Jelaskan sejarah dan versinya pada Microsoft Excel!
Sejarah Microsoft Excel :

Pada tahun 1982, Microsoft membuat sebuah program spreadsheet yang disebut dengan Multiplan, yang sangat populer dalam sistem-sistem CP/M, tetapi tidak dalam sistem MS-DOS mengingat di sana sudah berdiri saingannya, yakni Lotus 1-2-3. Hal ini membuat Microsoft memulai pengembangan sebuah program spreadsheet yang baru yang disebut dengan Excel.

Versi pertama Excel dirilis untuk Macintosh pada tahun 1985pada November 1987. Lotus 1-2-3 masih berbasis MS-DOS. Pada tahun 1988, Excel pun mulai menggeser Lotus 1-2-3 dalam pangsa pasar program spreadsheet dan menjadikan Microsoft sebagai salah satu perusahaan pengembang aplikasi perangkat lunak untuk komputer pribadi yang andal. Microsoft, dengan menggunakan keunggulannya, rata-rata merilis versi Excel baru setiap dua tahun sekali, dan versi Excel untuk Windows terakhir adalah Microsoft Office Excel 2010 (Excel 14).
Pada awal-awal peluncurannya, Excel menjadi sasaran tuntutan perusahaan lainnya yang bergerak dalam bidang ndustry finansial yang telah menjual sebuah perangkat lunak yang juga memiliki nama Excel. Akhirnya, Microsoft pun mengakhiri tuntutan tersebut dengan kekalahan dan Microsoft harus mengubah nama Excel menjadi “Microsoft Excel” dalam semua rilis pers dan dokumen Microsoft. Meskipun demikian, dalam praktiknya, hal ini diabaikan dan bahkan Microsoft membeli Excel dari perusahaan yang sebelumnya menuntut mereka, sehingga penggunaan nama Excel saja tidak akan membawa masalah lagi. Microsoft juga sering menggunakan huruf XL sebagai singkatan untuk program tersebut, yang meskipun tidak umum lagi, ikon yang digunakan oleh program tersebut masih terdiri atas dua huruf tersebut (meski diberi beberapa gaya penulisan).

Fungsi automatisasi yang disediakan oleh VBA menjadikan Excel sebagai sebuah target virus-virus macro. Ini merupakan problem yang sangat serius dalam dunia korporasi hingga para pembuat antivirus mulai menambahkan dukungan untuk mendeteksi dan membersihkan virus-virus macro dari berkas Excel. Akhirnya, meski terlambat, Microsoft juga mengintegrasikan fungsi untuk mencegah penyalahgunaan macro dengan menonaktifkan macro secara keseluruhan, atau menngaktifkan macro ketika mengaktifkan workbook, atau mempercayai macro yang dienkripsi dengan menggunakan sertifikat digital yang tepercaya.

Versi Microsoft Excel :

Excel 1.0 (1985)
Excel 2.0 (1987)
Excel 1.5 (1988)
Excel 2.2 (1989)
Excel 3.0 (1990-1991)
Excel 4.0 (1992)
Excel 5.0 (1993)
Excel 7 (1995)
Excel 8 (1997)
Excel 8.0 (1998)
Excel 9 (1999)
Excel 9.0 (2000)
Excel 10 (2001)
Excel 10.0 (2001)
Excel 11 (2003)
Excel 11.0 (2004)
Excel 12 (2007)
Excel 14 (2010)
Excel 15 (2013)

3.      Jelaskan tentang workbook dan worksheet!

Workbook adalah buku kerja atau file kerja excel yang terdapat sheet yang terdiri dari kumpulan cell,  biasanya berekstensi xls dan xlsx. Secara  default standar jumlah worksheet pada sebuah workbook baru biasanya 3 buah worksheet yang terdiri dari sheet 1, sheet 2 dan sheet 3.

Worksheet merupakan lembaran kerja yang terdapat di dalam sebuah workbook dari Microsoft Excel yang terdiri dari kolom dan cell. Worksheet bisa kita tambah atau kurangi sesuai dengan kebutuhan kita di dalam sebuah workbook.

4.      Sebutkan dan jelaskan tentang pengoperasian file!
a)      Cut, perintah untuk memindahkan data.
b)      Copy, perintah untuk membuat duplikat data.
c)      Paste, perintah untuk pasanngan Cut dan Copy.
d)     Insert, perintah untuk menyisipkan tabel, gambar, clipart, smartart berbagai jenis grafik link, text box, wordart, header, footer dan simbol.
e)      Delete, perintah untuk menghapus data.
f)       Autocorrect, perintah untuk melakukan input data strings / teks dengan cepat serta melakukan koreksi data pada worksheet pada saat terjadi kesalahan pada spelling data yang dimasukkan pengguna.

5.      Jelaskan tentang cara mengatur format laporan!


Klik kanan pada Cells. Maka muncul tampilan kotak dialog Format Cells (komponen-komponen yang dapat di format). Komponen yang dapat di formati yaitu:
a)      Number (Format tipe data)
b)      Alignment (Format tampilan vertical, horizontal dan derajat kemiringan)
c)      Font (Format tulisan)
d)     Border (Format garis)
e)      Fill (Format warna pada cells)


f)       Protection (Mengunci atau menyembunyikan cells)

6.      Jelaskan tentang fasilitas auto complete pada Microsoft Excel!

Fasilitas Auto Complete pada Microsoft Excel adalah fasilitas yang secara otomatis dapat langsung melengkapi teks yang sedang di ketik, ketika sebelumnya telah diketik teks atau kata yang sama.

7.      Jelaskan tentang macro!

Macro adalah sebuah sistem input otomatis yang merekam jejak Keyboard dan mouse. Macro biasanya digunakan untuk menggantikan rangkaian berulang tindakan mouse dan keyboard yang umum. Ekstensi file dari Macro umumnya .mac. Dengan menggunakan Macro, pengguna dapat meringkas waktu pekerjaan yang biasa dikonsumsi untuk pekerjaan yang sama. Macro yang ada di Microsoft Excel kumpulan perintah atau prosedur tertentu untuk otomatisasi tertentu. Macro di Microsoft Excel dengan merekam jejak Mouse dan keyboard dengan menggunakan Macro Recorder, hasil rekaman macro akan tersimpan di Visual basic yang terdiri dari kode-kode / berupa script. Kode-kode tersebut bisa disimpan di notepad, dan dijalankan kembali di lain waktu dengan menggunakan Macro dan VBA (Visual Basic for Application). Sebuah macro dapat dijalankan dengan hanya mengklik sebuah menu sebuah program, atau bisa juga dengan menggunakan Shortcut untuk menjalankan macro itu. Jadi, Microsoft Excel memiliki macro untuk proses otomatisasi.

8.      Sebutkan cara pemberian nama pada macro!

Cara pemberian nama pada Macro :
a)      Macro Recorder (Perekaman Macro).


b)      VBA (Visual Basic for Application).

9.      Jelaskan penggunaan rumus dengan alamat relatif dan alamat absolut!


Alamat relatif adalah alamat sel yang jika di salin (copy) akan menyesuaikan sesuai letaknya.

Alamat absolut adalah penguncian alamat cell excel, alamat yang selalu bernilai tetap meskipun rumusnya di salin (copy) ke manapun. Penulisan alamat absolut selalu ditandai $ pada nama kolom dan / atau nomor barisnya atau dengan menekan tombol F4 pada keyboard.  Terdapat 2 jenis alamat absolut:

a)      Alamat semi absolut (campuran), penguncian hanya dilakukan pada salah satu diantara kolom dan baris.

b)      Alamat absolut mutlak, penguncian akan dilakukan pada kolom dan baris sekaligus.

10.  Jelaskan tentang VLOOKUP dan HLOOKUP!

Rumus Excel VLOOKUP dan HLOOKUP adalah rumus yang paling sering digunakan membuat lookup function untuk melihat data secara vertikal dan horizontal. Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP khusus untuk mencocokan data numerik. Penggunaan rumus VLOOKUP dan HLOOKUP merupakan kompleksitas numerik terhadap rumus LOOKUP yang sederhana.

VLOOKUP digunakan untuk mencari nilai dalam bentuk vertikal, sesuai dengan awalan huruf V yang merupakan singkatan dari Vertikal / tegak Lurus (data diurutkan secara vertikal), mengisi data pada tabel referensi yang disusun berdasarkan kolom. Nilai kunci adalah kunci dipakai dalam pembacaan tabel yaitu berada pada kolom pertama tabel.
=Vlookup(Nilai Kunci, Nama Tabbel, Offset Kolom)

HLOOKUP yang berawal Huruf H digunakan untuk mencari nilai dalam bentuk baris / horizontal (data diurutkan secara horizontal). Nilai kunci adalah nilai pertama yang berada pada baris pertamapada tabel.
=Hlookup(Nilai Kunci, Nama Tabbel, Offset Kolom)

Komentar