Cara Membuat Sertifikat & Mail Merge - MICROSOFT WORLD - Laporan Akhir Laboratorium Sistem Informasi


LAPORAN AKHIR
MICROSOFT WORD

Nama                   : Fitrah Nur Islamiah
Kelas                    : 1EA19
NPM                    : 12217403
Kelompok            : 2
Tanggal                 : 18 Oktober 2017
Materi                   : MICROSOFT WORD
Ketua Asisten       : M. Sidik
Asisten Baris        : Nabilah
                                                                             Paraf Asisten

LABORATORIUM SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
PTA 2017/2018



A.    Langkah-Langkah membuat Sertifikat
1)      Nyalakan komputer atau laptop dengan menekan tombol power.
2)      Buka aplikasi Microsoft Word disini saya akan memakai Ms.Word 2013.
3)      Pilih menu Page Layout.
4)      Kemudian pilih Orientation, disini saya akan memilih Landscape di Orientation Page Setup.
5)      Selanjutnya pilih Design.
6)      Disini saya akan memilih Page Borders di Design Page Background.
7)      Di Page Borders lalu klik Art fungsinya memberikan bingkai terhadap teks atau paragraf.
8)      Masih pada menu Design pada bagian Page Background, lalu klik Watermark fungsinya memberikan identitas mengenai status suatu dokumen.
9)      Selanjutnya pilih menu Insert.
10)  Lalu pilih Pictures pada bagian Illustrations fungsinya untuk menyisipkan atau memasukkan suatu gambar dari file yang terdapat di komputer maupun laptop ke dalam dokumen.
11)  Contoh disini saya akan memilih Pictures dengan logo Universitas Gunadarma.
12)  Karena saya akan membuat contoh piagam tentang sertifikat maka ketik “SERTIFIKAT” dibagian atas tengah.
13)  Masih pada menu Insert pada bagian Illustrations, lalu klik Shapes fungsinya memasukkan atau menyisipkan gambar-gambar bangunan seperti Garis (Lines), tanda panah (Block Arrow), Flowchart, Callouts dan juga Stars and banners.
14)  Buat garis panjang di bawah tulisan sertifikat yang telah dibuat.
15)  Kemudian ketik sertifkat apa  yang akan dibuat, cotoh disini saya akan membuat sertifikat penghargaan.



B.     Langkah-Langkah membuat Mail Merge
1)      Pilih menu Mailings.
2)      Klik Start Mail Merge. Lalu pilih Step-by-Step Mail Merge Wizard fungsinya membantu untuk membuat dokumen yang isinya sama untuk penerima yang berbeda secara cepat dan mudah.
3)      Disamping kanan akan muncul tulisan Select Document Type, disini saya akan memilih Letters fungsinya untuk mempersonalisasi surat atau dokumen ke beberapa orang. Untuk lanjut lalu klik Next: Starting Document yang berada di paling bawah.
4)      Bila muncul tulisan Select Starting Document, disini saya akan memilih Use The Current Document fungsinya untuk menambah informasi penerima. Lalu untuk lanjut klik Next: Select Recipients yang berada di paling bawah.
5)      Selanjutnya muncul tulisan Select Recipient, disini saya akan memilih Type A New List untuk mengetik informasi penerima didalam dokumen klik tulisan Create.
6)      Kemudian klik Custome Columns, hapus terlebih dulu data dengan klik Delete agar data bisa diganti sesuai yang kita butuhkan.
7)      Setelah itu pilih Add untuk membuat data, contoh disini saya akan menambahkan data “nama” di sertifikat yang telah dibuat. Jika sudah klik Ok.
8)      Lalu ketik data nama yang diinginkan di kolom “nama” dan klik New Entri bila ingin menambah data nama yang lain. Jika sudah klik Ok.
9)      Kemudian akan muncul Save Adress List untuk menyimpan data nama yang telah dibuat, jika sudah klik Save.

10)  Masih pada menu Mailings pada bagian Write & Insert Fields, lalu klik Insert Merge Fields fungsinya menambahkan serta mengganti data dengan dokumen informasi yang lebih aktual dari data yang telah dibuat.

Komentar