OPEN OFFICE LINUX - MAKALAH PENGANTAR KOMPUTER & TI 2B


MAKALAH
PENGANTAR KOMPUTER & TI 2B
OPEN OFFICE LINUX
UNIVERSITAS GUNADARMA
DOSEN PENGAJAR : ERLINA


1 EA 19 :
Fitrah Nur Islamiah (12217403)


OpenOffice.org adalah sebuah paket aplikasi perkantoran berkode sumber terbuka (open source) yang dapat diperoleh secara gratis. Paket tersebut termasuk komponen-komponen pengolah kata (word processor), lembar kerja (spreadsheet), presentasi, ilustrasi vektor, dan gudang data (database). OpenOffice.org ditujukan sebagai saingan bagi Microsoft Office dan dapat dijalankan di atas berbagai platform, di antaranya Windows, Solaris, Linux, dan Mac OS X. OpenOffice.org mendukung standar dokumen terbuka untuk pertukaran data, dan dapat digunakan tanpa biaya. OpenOffice.org dibuat berdasarkan kode dari StarOffice, sebuah office suite yang dikembangkan oleh StarDivision dan diakuisisi oleh Sun Microsystems pada Agustus 1999, yang kemudian diakuisisi oleh Oracle pada tahun 2010. Kode sumber dari suite ini dilepas sebagai proyek sumber terbuka pada Juli 2000, dengan tujuan mendobrak dominasi pasar dari Microsoft Office dengan menyediakan pilihan yang berbiaya rendah, berkualitas tinggi, dan terbuka. Kode asal untuk suite aplikasi ini tersedia dibawah dua lisensi perangkat lunak yang berbeda: LGPL dan SISSl; dari versi 2.0, dia hanya tersedia di bawah LGPL.
                                                   
K WORD
KWord adalah aplikasi pengolah kata, bagian dari proyek KOffice dari lingkungan desktop KDE. Meski ada kemiripan nama, KWord bukanlah semata-mata jiplakan dari Microsoft Word. Walaupun diharapkan fitur-fitur utama Word akan didukung oleh KWord, dalam beberapa hal penting terdapat perbedaan antara keduanya. Skema tata letak teks pada KWord mengikuti konsep frame, seperti halnya Adobe PageMaker. Frame dapat diletakkan di mana saja dalam sebuah halaman, dan mencakup teks, grafik, dan objek. Setiap halaman baru pada dasarnya adalah sebuah frame, teks dapat mengalir dalam frame ini karena kemampuan KWord untuk mengaitkan satu frame dengan yang lain. Pemanfaatan frame memungkinan kemudahan penataan teks dan grafik yang rumit sekalipun.

Dilihat dari segi kebutuhan pengguna, KWord memiliki fasilitas-fasilitas yang sangat memadai untuk ukuran pemakai standar. Beberapa kemampuan yang dimiliki KWord adalah sebagai berikut.
Mengedit dan memformat teks standard, seperti jenis huruf, warna, atribut, dan efek superscript dan subscript.
Mengatur paragraf, seperti mengatur alignment, spacing, in-dentation, font, dan lain-lain. Pengaturan paragraf juga dapat dilakukan dengan menggunakan Style.
Menggunakan Frame Orientation, dimana dapat disisipkan banyak frame dan menghubungkan frame yang satu dengan frame yang lain. Kemudian, pengguna dapat mengatur aliran teks dari frame - frame tersebut.
Membuat kolom lebih dari satu di halaman dokumen.
Mengedit rumus dengan menggunakan editor rumus.
Menyisipkan table, gambar, dan komponen-komponen KOffice lainnya.
Mengatur agar teks mengitari frame.
Menambahkan Header dan Footer.
Menambahkan Endnote.
Membuat penomeran bab secara otomatis.
Menggunakan Mail Merge untuk membuat surat massal.
Perintah untuk koreksi otomatis dan saling checker.
Menampilkan struktur dokumen.
Menggunakan Template.
Hampir semua fitur yang ada di aplikasi Office pada umumnya bisa kita temukan di KWord. Sebut saja tipe font, style, warna, ukuran, dan masih banyak yang lainnya. Proses editing, penghapusan, update style juga bisa kita lakukan di sana.

MACAM – MACAM APLIKASI KWORD
1. Microsoft Word
Microsoft Word adalah salah satu jenis dari macam-macam aplikasi pengolah kata. Ini diluncurkan oleh perusahaan microsoft corporation, dengan satuan paket yang terdapat dalam microsoft office dan juga merupakan salah satu perusahaan terbesar dalam urusan perangkat lunak. Salah satu jeins pengolah kata ini juga banyak digunakan oleh pengguna komputer yang ada di dunia. Salah satu jenis media atau fasilitasnya yang populer yaitu WordArt dengan huruf-huruf yang didesain keren tiap font yang tersedia. Menu yang ada juga banyak dan lengkap terdiri sekitar dari 6 menu toolbar yang ada. Kekurangan dari aplikasi pengolah kata ini adalah harganya yang cukup mahal jika ingin melakukan pembelian.

2. Notepad
Notepad adalah salah satu jenis dari macam-macam aplikasi pengolah kata yang juga merupakan bawaan dari windows. Jika halnya Anda melakukan penginstalan pada software windows pasti Anda juga akan menemukan Notepad ini. Notepad ini merupakan editor teks yang bisa dibilang sangat sederhana, seringya notepad ini digunakan untuk pembuat program menuliskan kode-kode program atau merubah suatu jenis konfigurasi contohnya HTML

3. Lotus Word Pro
Lotus Word Pro ini adalah aplikasi pengolah kata yang dikeluarkan oleh perusahaan IBM. Pengolah kata ini mempunyai desain yang sangat sederhana dan memiliki 6 menu pada pengolah katanya. Diantaranya menu-menu pada Lotus word pro adalah File, Edit, View, dan lain sebagainya. Salah satu kelebihan dari Lotus word pro adalah mampu melakukan pertukaran file dengan Microsoft Word. Aplikasi ini selain dapat membuka aplikasi Micosoft Word juga dapat membuka file-file word dan beberapa aplikasi pengolah kata yang lain.

4. Ez Word
Ez word adalah salah satu jenis aplikasi pengolah kata yang merupakan pengolah kata grafis pertama tersedia untuk Linux. Pengolah kata ini awalnya dikembangkan sebagai bagian dari Andrew User Interface system. Yang dimana ini merupakan sebuah proyek penelitian antar muka yang bersama-sama dilakukan oleh kedua IBM dan cernegie Mellon University. Dan dalam perkembangannya ini Ez Word sebenarnya dikembagkan dan diperuntukkan oleh Unix.

5. WordPad
Wordpad ini adalah salah satu pengolah kata yang juga merupakan bawaan dari sistem operasi Windows. Dalam satuan bersama pengolah kata Wordpad dan juga pengolah kata Notepad, Wordpad lebih memiliki kelengkapan fitur da desainnya yang lebih canggih dibandingkan oleh Notepad. Karena Wordpad ini hampir mirip dengan Microsoft Word, tetapi Microsoft Word lebih banyak memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan Wordpad. Kemampuannya diantaranya memformat tulisan, meratakan paragraf, menyisipkan tanggal objek, memasukkan bullets dan mengatur tabs sebuah tulisan. Untuk menjalankan pengolah kata ini tidak jauh berbeda dengan Notepad.

6. Corel Word Perfect
Corel Word Perfect merupakan salah satu dari macam-macam aplikasi pengolah kata. Program aplikasi pengolah kata ini dapat dijalankan dengan sistem operasi windows. Tetapi dalam kebutuhan hardware mungkin cukup besar untuk jenis pengolah kata ini.

7. StarOffice Writer
StarOffice Writer ini merupakan salah satu jenis pengolah kata yang juga memiliki kemiripan dengan pengolah kata Microsoft Word yang dimana terdapat dalam satuan paket Microsoft Word. Namun perbedaanya terletak dalam ekstensi file itu sendiri. Micrososft Word yang menggunakan ekstensi file yaitu .docx sedangkan StarOffice Writer menggunakan ekstensi .odt.
Walaupun terdapat perbedaan ekstensi file pada umumnya Anda dapat mengganti ektensi filenya menjadi layaknya ekstensi file dari StarOffice Writer yaitu .docx. Pengolah kata ini juga bersifat multipaltform. Artinya dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, termasuk Linux, Solaris, Unix dan Windows.
Kelebihan dari jenis aplikasi pengolah kata Star Office Writer adalah menyediakan fasilitas yang dimana terdapat contoh pembuatan memo, resume, surat dan juga faks serta dokumen untuk mempermudah pekerjaan melalui pemanfaatan dari contoh-contoh tersebut. Selain itu harganya yang juga terbilang murah. StarOffice melakukan kombinasi dengan pengolah kata HTML editing, spreadsheet, desain grafik, presentasi, email, news reader, penjadwalan atau agenda dan database.

8. Open Office Writer
Open Office Writer ini merupakan jenis pengolah kata yang juga mempunyai kemiripan dengan Microsoft Word tetapi bedanya terletak pada perkembangannya. Open office writer menggunakan perkembangan dari lisensi GPL (General Public Lisensi). Dengan lisensi tersebut program pengolah kata ini dapat didistribusikan secara gratis. Pengolah kata ini bersifat Open source dari lisensi tersebut anda dapat melakukan download secara gratis di www.openoffice.org.
Sistem pengolah kata ini seperti StarOffice Writer yang dimana sama-sama bersifat platform yang dapat dijalankan di sistem operasi Linux, Windows, Solaris, Mac Os dan juga Windows. Dari segi fitur kelengkapan dimiliki layaknya sebuah aplikasi pengolah kata yang kita harapkan seperti Tabel dalam Open Office Writer dapat melakukan sebuah kalkulasi formula.
Terdapat menu fasilitas export to PDF. Jika halnya anda memiliki sebuah dokumen yang ingin di export ke dalam bentuk file ekstensi .pdf dapat menggunakan aplikasi pengolah kata ini. Selain hal tersebut OpenOffice Writer juga dilengkapi dengan style header dan footer, numbering, dan fasilitas mail merge layaknya yang dimiliki oleh pengolah kata Microsoft Word.

9. AbiWord
AbiWord adalah salah satu jenis aplikasi pengolah kata yang emndukung fitur pengolah kata dasar seperti daftar, indentasi, dan format karakter, serta fitur yang lebih canggih mengenai tabel, gaya, tempalate, multiplw views, kolom halaman, spell checking, dan memeriksa tata bahasa.
Abi Word ini sama dengan halnya Open Office Writer yang berlisensi GPL dan juga dalam perkembangan oleh komunitas OpenSource. Program ini bisa didapatkan secara gratis dengan melakukan download di websitenya yaitu www.abiword.org secara free. Abiword itu sendiri terbilang kecil dalam ukuran filenya yaitu sektar 5 MB.
Pada awalnya dimulai dengan versi 2.8.0 Abiword merupakan aplikasi pengolah kata yang memungkinkan integrasi dengan AbiCollab.net. Layanan berbasis web yang memungkinkan beberapa pengguna untuk bekerja pada dokumen yang sama secara real time, dalam sebuah sinkronisasi penuh. Aplikasi ini juga bisa Anda dapatkan untuk perangkat Android sebagai bagian dari paket NOROOT Ubuntu dari Google Play Store.

11. Kword
Kword ini merupakan salah satu jenis aplikasi pengolah kata yang dimana skema text layoutnya hanya didasarkan pada sebuah frame, sehingga mempunyai kemiripan dengan Framemaker oleh Adobe. Penggunaan frame disini mempunyai arti yaitu bahwasanya tat letak grafis komplek dapat dicapai dengan mudah pada pengolah kata kword. Frame ini juga dapat ditemaptkan dimanapun pada halaman, selain itu kita juga dapat menggabungkan sebuah teks grafik dan juga objek yang tertanam.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
Kelebihan yang unggul dari KWord sendiri adalah memudahkan editing konten sperti teks, gambar, grafik ke dalam dokumen tanpa usaha yang rumit dalam tata letaknya. Menempelkan dokumen office lain tanpa perlu bersusah payah, KWord juga membawa kekuatan editing berbasis frame untuk semua dokumen sehingga kita memiliki kontrol mutlak dokumen. Kita dapat memilih untuk bekerja di kolom seperti lembar berita, atau memiliki tata letak bebas seperti dalam foto-album.
Kekurangannya adalah terlalu banyak toolbar pada kiri dan kanan lembar kerjanya, sehingga menu di dalam aplikasinya kurang di tata dan terlihat kurang bagus.

KESIMPULAN
Kesimpulan yang dapat kita ambil, bahwa software KWord termasuk ke dalam  software atau aplikasi pengolah kata yang cukup baik dan lebih kompleks dibandingkan dengan MS. Word. Mulai dari menubar, toolbar, tampilan frame, proses penyimpanan filenya, dan masih banyak yang lainnya. Akan tetapi, karena trend di masyarakat kita lebih kepada MS. Word. Sehingga membuat aplikasi tersebut jarang ada peminatnya dan banyak orang juga yang malas untuk mempelajari tools yang baru lagi, dikarenakan perlu waktu untuk mempelajarinya untuk dapat terbiasa menggunakannya.

SPREAD SHEET
Spreadsheet juga merupakan aplikasi komputer program yang simulates fisik spreadsheet oleh menangkap, menampilkan, dan memanipulasi data yang disusun dalam baris dan kolom.
Spreadsheet merupakan salah satu yang paling populer digunakan pada komputer pribadi. Pengolah Angka atau spreadsheet merupakan suatu tabel nilai-nilai yang disusun dalam baris dan kolom. Masing-masing nilai dapat memiliki suatu hubungan yang telah terdefinisi dengan nilai yang lainnya. Jika salah satu nilai dirubah, maka nilai yang lain juga perlu dirubah.
Aplikasi spreadsheet merupakan program komputer yang membiarkan kita untuk membuat dan memanipulasi lembar kerja secara elektronik. Untuk Fungsi Spreadsheet adalah untuk membuat tabel, membuat grafik, menghitung rumus statistik, laporan keuangan, penjualan, pembelian, daftar gaji, dan lain sebagainya.
Spreadsheet memiliki ruang item data yang dinamakan dengan 'Sel'. Dalam setiap sel yang berlabel, disesuaikan penempatannya contohnya A1,A2, A3 dan seterusnya. Hal itu, mungkin mempunyai referensi yang absolut atau relatif ke sel yang berada di sekitarnya. Diketahui, Spreadsheet pada umumnya dirancang dengan menampung data numerik dan string teks singkat. Spreadsheet pada umumnya menyediakan suatu kemampuan dalam memberikan gambaran hubungan data grafis.
Spreadsheet umumnya tidak menawarkan kemampuan untuk struktur dan data item yang berlabel sebagai sepenuhnya sebagai databes dan umumnya tidak menawarkan kemampuan untuk query databese. Pada umumnya, spreadhseet adalah lebih sederhana dari program database.

MACAM - MACAM JENIS SPREADSHEET ATAU PENGOLAH ANGKA
Pengolah Angka (Spreadsheet) Microsoft Excel
Tentu anda telah mengetahui program ini. Microsoft Excel adalah program aplikasi dengan lembar kerja spreadsheet yang diciptakan dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang berada dalam sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS.
Diketahui, Microsoft Exel sebagai jenis Pengolah Angka atau Spreadsheet mempunyai fitur kalkulasi yang populer digunakan hingga saat ini. Bahkan program ini telah merambah ke dunia smartphone atau android yang dapat diunduh di Play Store secara gratis.

Pengolah Angka (Spreadsheet) Lotus 123
Lotus 123 adalah sebuah aplikasi pengolah angka yang diterbitkan oleh IBM. Lotus 123 dikeluarkan bersamaan atau ada dalam satu paket bersama-sama aplikasi Office lainya dan dikenal dengan nama Lotus SmartSuite.
Lotus 123 merupakan program spreadsheet yang bekerja di bawah kendali sistem operasi DOS Namun pada perkembangan terakhir program lotus mulai digunakan pada program Windows dengar hadirnya software Lotus 123 for Windows. Program ini melejit atau populer digunakan di era tahun 80-an.

Pengolah Angka (Spreadsheet)  Open Office Calc
OpenOffice Calc adalah sebuah aplikasi pengolah angka (spreadsheet) yang memiliki sifat dapat dibuka melalui sistem operasi apa saja atau dikena "Open source". Open Office Calc adalah program spreadsheet yang berfungsi untuk membuat daftar memelihara record, dan menganalisis data. Selain itu, aplikasi spreadsheet Open Office Calc dapat digunakan untuk mengelola data dalam bentuk spreadsheet, menggunakan rumus untuk melakukan perhitungan data, dan menampilkan hasil dalam bentuk grafik.
Dokumen Open Office Calc disebut spreadsheet. Pada saat membuka spreadsheet baru akan disediakan 3 sheets, yaitu Sheetl, Sheet2, Sheet3, dan kita dapat menambah atau mengurangi sheet yang ada. Model tampilan OpenOffice Calc hampir mirip dengan prograr Microsoft Excel.

Pengolah Angka (Spreadsheet) Abacus
Abacus adalah aplikasi pengolah angka yang hanya membutuhkan memori kecil dan sangat mudah digunakan. Awalnya Abacus dikembangkan sebaggai proyek mahasiswa di Universitas IST, Portugal di bawah bimbingan Prof. Arlindo Oliveira.
Pengolah Angka (Spreadsheet)  GNOME Office – Gnumeric
Gnumeric adalah aplikasi pengolah angka yang merupakan keluarga dari GNOME Office. Gnumeric bersifat open source. Gnumeric memiliki tampilan yang user friendly di mana jendela Gnumeric dilengkapi dengan menu-menu dan tombol-tombol toolbar.

FUNGSI ATAU MANFAAT PENGOLAH ANGKA (SPREADSHEET)
Pembuatan lembar kerja
Membantu pekerjaan di bidang ilmiah
Membantu pekerjaan di bidang perencanaan
Pengelolaan angka untuk perhitungan sebuah data (basis data) dan grafik
Pembuatan tabel data
Pengolahan data dengan melibatkan penggunaan rumus, grafik, database, dan lain-lain
Membantu di bidang bisnis
Membantu pekerjaan di bidang pembuatan statistic
             
K PRESENTATION
Program Aplikasi Presentasi Merupakan Program aplikasi yang dapat mengolah data grafis yang bersifat intrfice, yang biasanya berbentuk slide. Aplikasi presentasi mempunyai fungsi untuk membuat document atau slide dengan tampilan yang baik dan digunakan untuk presentasi.
Contoh Aplikasi Presentasi.
Microsoft Power Point merupakan sebuah software yang dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan Microsoft, dan merupakan salah satu program berbasis multi media.
Presenter merupakan Program pembuat presentasi yang sepertinya memang mengerti kebutuhan Anda. Dengan interface yang indah dan mudah, pembuatan presentasi menjadi kegiatan yang menyenangkan.
OpenOffice Impress: Tidak jauh berbeda dengan Writer atau TextDocument yang mirip MS Word, dan SpreadSheet (Calc) yang mirip dengan MS Excel, Presentation (Impress) ini juga sangat mirip dengan MS PowerPoint.
MagicPoint adalah suatu alat bantu presentasi berbasis XWindow. Alat bantu ini didisain untuk membuat presentasi yang sederhana dan mudah dan juga memungkinkan membuat suatu presentasi yang komplek.
KPresentation X3 dari Corel Corporation mempunyai fitur lengkap yang kita perlukan untuk menghasilkan sebuah usulan proyek, laporan-laporan dan demonstrasi-demonstrasi yang interaktif, presentasi-presentasi multimedia dan lain-lain Presentation X3 menyediakan keserasian yang dimiliki oleh dengan Microsoft PowerPoint dan memiliki kemampuan untuk meng-export file presentasi ke format PDF.



DAFTAR PUSTAKA
http://ayudindaa.blogspot.com/2013/02/openoffice-pada-linux.html
http://heraldyseptarianto.blogspot.com/2016/03/aplikasi-pengolahan-kata-kword.html
https://id.wikipedia.org/wiki/KWord
http://www.artikelsiana.com/2018/05/Pengertian-Spreadsheet-Pengolah-Angka-Fungsi-Kegunaan-Jenis-Contoh-Spreadsheet.html#
https://informatika11d.wordpress.com/2011/12/27/program-aplikasi-spreadsheet-dan-presentasi/
http://teknologiinformasidankomunikasi29.blogspot.com/2017/01/macam-macam-aplikasi-pengolah-kata.html

Komentar