Cara Menggunakan Menu di MICROSOFT WORLD - Laporan Akhir Laboratorium Sistem Informasi


LAPORAN AKHIR
MICROSOFT WORD
 Nama                   : Fitrah Nur Islamiah
Kelas                    : 1EA19
NPM                    : 12217403
Kelompok            : 2
Tanggal                : 11 Oktober 2017
Materi                  : MICROSOFT WORD
Ketua Asisten       : M. Sidik
Asisten Baris        : Nabilah
                                                                             Paraf Asisten

LABORATORIUM SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
PTA 2017/2018




A.  Langkah-langkah mengunakan menu di Microfsoft Word
1)      Nyalakan komputer atau laptop dengan menekan tombol power.
2)      Buka aplikasi Microsoft Word.
3)      Pilih menu Page Layout.
4)      Kemudian pilih Columns fungsinya adalah untuk membagi dokumen/tulisan menjadi beberapa baris dalam satu halaman. Columns biasa digunakan untuk pembuatan Koran, Majalah, Jurnal dan sebagainya.
5)      Contoh disini saya akan memilih Columns yang Two, karena akan membagi format teks menjadi dua baris.
6)      Setelah selesai memilih Columns, lalu kembali ke Page Layout.
7)      Kemudian pilih Breaks fungsinya adalah untuk membuat format berbeda (dan tak saling mempengaruhi satu sama lain) ke dalam satu file dokumen.
8)      Contoh disini saya akan memilih Continuous pada Breaks, karena akan membuat bagian terpisah dengan format penulisan masing-masing dalam satu file dokumen di halaman yang sama.
9)      Setelah selesai memilih Breaks, lalu pilih Columns kembali.
10)  Karena saya akan mengembalikan format teks menjadi satu baris, disini saya akan memilih Columns yang One.
11)  Selanjutnya pilih menu Home.
12)  Lalu klik Font Color fungsinya adalah untuk memberi warna pada tulisan atau teks yang ingin di warnai sesuai keinginan. Font Color menyediakan banyak macam warna dan juga bisa mengkombinasikan warna melalui menu More Color pada Font Color.
13)  Contoh disini saya akan memilih warna merah dan biru untuk mewarnai teks yang telah dibuat.
14)  Masih pada menu Home pada bagian Font, lalu klik Underline fungsinya adalah untuk memberi garis bawah pada tulisan atau teks yang diinginkan. Underline menyediakan beragam macam garis bawah.
15)  Kemudian masih di Home namun dibagian Paragraf, pilih Increase Indent fungsinya adalah untuk menggeser baris kedua agar ke kanan, biasa digunakan ketika akan membuat paragraf baru. Selain itu, ada  Decrease Indent yang juga berguna untuk membuat paragraf baru terlihat rapi.
16)  Selanjutnya pilih menu Insert.
17)  Lalu pilih WordArt pada bagian Text, fungsinya adalah untuk menyisipkan teks dengan efek artistik. WordArt biasa digunakan untuk membuat surat kabar, Pengumuman, teks graffiti dan sebagainya.
18)  Contoh disini saya akan memilih WordArt dengan warna Ungu, dan mengetik tulisan “HALLO!!!”.
19)  Masih pada menu Insert dibagian Illustrations, lalu klik Pictures fungsinya untuk menyisipkan atau memasukkan suatu gambar dari file yang terdapat di komputer maupun laptop ke dalam dokumen.


20)  Kemudian masih di Insert namun dibagian Header & Foother. Contoh disini saya akan memilih Header karena akan menambah objek gambar dari Pictures pada bagian atas.

Komentar